Alhamdulilah segala puji hanya milik Allah dan sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi besar Nabi Muhammad saw, kepada para sahabatnya para keluarganya serta umatnya yang berpegang teguh kepada sunahnya hingga yaumil akhir amin ya robal alamin……

Alhamdulilah malam ini kita semua dengan ijin Allah kita bisa memperingati maulid Nabi yang kita isi dengan kegiatan berdzikir kepada Allah dan bermahabah kepada Rosullulloh saw dengan mengucapkan kalimat tasbih, asma Allah intinya pujian kepada Allah dan Rosulluloh saw, sebagaimana Allah telah mengutus nabinya yang terpilih yang membawa kita dari alam jahiliyahmenuju alam yang terang yang diridhoi Allah swt

Pada kesempatan ini sebagai bahan kajian yang saya akan bahas adalah keistimewaan sholawat yang begitu besar fadilahnya atau keistimewaannya, sebagaimana kita sebagai umat manusia yang diwajibkan untuk selalu mengingat Allah dan kita sebagai umat Rosulluloh dan jika kita cinta kepadanya seharusnya kita mengamalkan apa-apa yang diamalkan Rosulluloh Saw.
Aebagaimana firman Allah dalam Alqur’an surat annisa : “Siapa yang mentaati Allah dan rosul, mereka itulah yang bakal bersama dengan orang-orang yang diberi nikmat Allah, yaitu himpunan para nabi, para shidiq, para suhada, dan sholihin Dan mereka itulah kawan terbaik” (Qs. An-nisa :69)

Rosulluloh saw bersabda dalam hadistnya : “Barang siapa diantara umatku yang membaca sholawat atasku satu kali dengan ikhlas dilubuk hatinya, maka Allah menurunkan sepuluh rahmat kepadanya, mengangkat sepuluh derajatnya, dan menghapus sepuluh kesalahannya”.

Dihadist lain dikatakan Rosulluloh bersabda : “Barang siapa membaca sholawat pada satu hari seratus kali, maka Allah akan memenuhi seratus hajatnya, dan 70 diantaranya nanti diakhirat dan 30 didunia”.

Kalaua kita merasa cinta kepada Rosulluloh saw mengharapkan safaat Rosulluloh maka hendaklah dari sekarang kita memulai dengan membaca sholawat sebagai bukti pengakuan kita cinta terhadap Rosulluloh saw, tetapi kalau kita tidak pernah membaca sholawat maka kita termasuk orang yang rugi, bahkan kalau kita perhatikan tak sedikit orang yang mengabaikan solawat kepada nabi bahkan melupakannya.
Rosulluloh saw bersabda :”Barang siapa lupa membaca sholawat atasku, berarti dia telah (keliru) jalan ke surga.”

Abu Hurairah ra meriwayatkan dari Nabi saw, beliau bersabda : “Bacalah sholawat atasku, karena sesungguhnya sholawat atasku itu membersihkan dosa-dosamu, mintakanlah kepada Allah untukku wasilah. Para sahabat bertanya “apakah wasilah itu?” beliau menjawab “derajat yang paling tinggi disurga yang hanya seorang saja yang akan memperolehnya dan aku berharap akulah orang yang memperolehnya”
Kita sekaranag tahu pahalasholawat itu sangatlah besar pahalanya, kitabisa mendapatkan safaat dari rosul juga bisa mengangkat derajat kita dan Allah menurunkan rahmat bagi siapa saja yang membaca sholawat. Apalagi sholawat itu bisa menghapus dosa dan rahmat dari Allah.
Diriwayatkan dari Annas bin malik ra dari Rosulluloh saw bersabda : “barang siapa membaca sholawat atasku satu kali, maka Allah menurunkan sepuluh rahmat kepadanya dan menghapus sepuluh kesalahannya”

Kita bisa membayangkan satu kali membaca saja begitu besar pahalanya apa salahnya kalau kita setiap hari sehabis sholat kita merutinkannya sebagai amalan sehari-hari, jelas Allah juga membaca sholawat atas nabi apalagi kita sebagai manusia yang penuh kekurangan banyak dosa dan khilaf apa salahnya kita berusaha membaca sholawat dirumah atau dimajlis dzikir berjamaah, apa kita tidak ingin pahala yang terkandung didalam sholawat apa kita juga tidak merasa malu kepada Allah bahwa Allah pun membaca sholawat kepada rosulnya,
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat bersalawat untuk nabi. Wahai orang-orang beriman, bersalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkankanlah salam penghormatan kepadanya” (Qs. Al-Ahzab :56)

dalam ibadah-ibadahku yang lain, Allah memerintahkan kepada hamba-hambanya untuk mengerjakannya. Namun khusus dalam perintah membaca sholawat, Allah menyebutkan bahwa Allah sendiri bersolawat atasnya, kemudian memerintahkan kepada malaikatnya, baru kepada orang-orang yang beriman. Dengan penjelasan ini bisa dimengerti jika solawat merupakan ibadah yang sangat utama.

Akhir kata mudah-mudahan penjelasan tentang keutamaan membaca sholawat ini walaupun singkat ada manfaatnya dan kita bisa mengamalkannya, dan semoga kita termasuk umat rosul yang mendapat safaat darinya. Amiiin……
Wabilahitopik wal hidayah wasamuallaikum wr wb.

Penceramah : Guru Besar Paguyuban Jagabaya Al-hikmah Ash-shiddiq Al Ustd Anwar S