Setan merupakan sumber kejahatan dan penyakit. Ia adalah makhluk yang menggiring manusia menuju kehancuran duniawi dan ukhrawi, serta makhluk yang mengangkat panji-panji untuk mengajak manusia menuju kekufuran dan kedurhakaan terhadap Tuhan yang maha esa yang pada setiap waktu dan tempat.

Pertanyaanya adalah apa ada hikmah dibalik penciptaan setan ?
Kalau memang ada, apa hikmah dibalik itu , yang secara detail hikmah dibalik penciptaan setan hanya Allah yang tahu. Namun, diantara hikmah tersebut kita bias mengetahuinya sebagai berikut :

1. Penentu tingkat ibadah.
Dengan adanya setan para wali dan para nabi wajib menentang setan dan para pengikutnya, para wali dan para nabi juga wajib untuk menjadikan setan menjadi tunduk kepadanya, sehingga kesal dan marah.
Manusia-manusia terbaik yang diciptakan Allah itu berkewajiban untuk berlindung kepadaNya untuk selalu dilindungi dari kejahatan dan tipu daya setan.

2. Manusia akan semakin takut akan dosa.
Para malaikat dan manusia akan menjadi takut melakukan dosa setelah menyaksikan keadaan iblis yang jatuh dari golongan setingkat dengan malaikat menjadi golongan setan
Hal ini bisa digambarkan seperti keadaan para budak yang menyaksikan seorang kawannya disiksa oleh tuan mereka . rasa takut dan kewaspadaan mereka pasti akan lebih tinggi.

3. Pelajaran bagi orang yang mau belajar.
Allah menjadikan penciptaan setan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang menentang perintahnya, sombong dan terus menerus berbuat maksiat. Sama halnya dosa nabi adam a.s sebagai pelajaran bagi orang yang melanggar larangannya, agar mengubah diri dan kembali kepadanya.

4. Ujian dan cobaan bagi manusia.
Allah menciptakan setan sebagai batu ujian bagi hambanya yang lain, dia menciptaka manusia dari tanah yang mengandung suka dan duka serta kebaikan atau keburukan, sehingga dia harus mengeksploitasi kandungan bahan tersebut.
Untuk itu allah swt menjadikan iblis sebagai penguji antara hamba dengan dirinya, yang baik dengan yang buruk, sebagaimana dia menciptakan para nabi dan para rosul sebagai pembeda. Allah berfirman sebagai berikut :

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga dia menyisihkan yang buruk (Munafik) dari yang baik (mu’min). Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepada kamu hal-hal yang ghaib, akan tetapi Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya diantara rasul-rasulNya. Karena itu berimanlah kepada Allah dan rasul-rasulNya; dan jika kamu beriman dan bertakwa, maka bagimu pahala yang besar.”
(QS : Ali Imran {3} : 179)

5. Memperlihatkan kuasa allah.
Penciptaan mahluk yang memiliki karakter bertentangan adalah untuk memperlihatkan kesempurnaan kekuasaan allah dalam menciptakan segala sesuatu. Seperti siang dan malam, terang dan gelap.

6. Sebagai pembanding.
Kalau bukan karena keburukan, maka keutamaan kebaikan, maka keutamaan kebaikan tidak akan diketahui.

7. Wujud rasa syukur.
Allah sangat senang bila manusia banyak bersyukur, seperti nabi adam a.s ketika masih berada di dalam surga sangat berbeda dibanding rasa sukur setelah terusir dari surga, dari sebelumnya ada iblis

8. Menciptakan lahan ibadah.
Cinta, inabah (kembali kepada allah), berpasrah diri dan keridaan merupakan bentuk ibadah yang dicintai allah.

9. Tanda kebesaran allah.
Materi api mengandung daya bakar, daya hancur, ketinggian dan pengrusakan, sinar, cahaya dan terang. Kemudian materi tanah mengandung kebaikan dan keburukan, kesukaan, kedukaan, merah, hitam, putih dan lain sebagainya. Dia menciptakanya dengan hikmah yang nyata dan tanda yang menunjukan bahwa allah seperti yang tercantum dalam firmanNya .

Al Ustd Anwar s